Contoh Perkembangan IPTEK yang Telah Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari (Ilmu Alamiah Dasar)


Assalamualaikum wr,wb.
Kali ini saya akan membahas contoh perkembangan IPTEK yang telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dari beberapa bidang.

a.     Bidang transportasi
Sebagai contoh, di Amerika terdapat bus yang berbahan bakar hidrogen. Tentunya ini sangat ramah lingkungan. Bus ini sendiri nantinya dapat mengangkut 67 penumpang dan menghasilkan suara mesin yang jauh lebih halus dibandingkan Metromini. Bus ini dapat berjalan sejauh 250 mil (402 km) pada satu kali isi ulang (recharged) atau bila dihitung biaya “BBM” yang dikeluarkan, bus ini lebih hemat 2 kali lipat dibandingkan dengan mesin bus diesel. Sebagai tenaga cadangan, bus ini juga bisa diisi ulang melalui sumber listrik langsung yang hanya butuh waktu 6 menit saja.Dengan diterapkan ilmu pengetahuan alam dan teknologi modern, orang dapat membuat sarana transportasi, misalnya sepeda motor, mobil, bus, kereta api, kapal laut, pesawat terbang. Sarana transportasi tersebut sangat efektif dan efisien daripada memakai alat transportasi pada zaman dahulu, misalnya kuda, kereta kuda atau kapal layar. Namun, dampak negatif yang timbul dari kemajuan transportasi, antara lain:  timbulnya pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara. Berkurangnya lahan pertanian yang produktif karena dipakai lahan jasa transportasi.

b.     Bidang pendidikan
1.     Adanya penerapan metode penyampaian materi dengan menggunakan teknologi seperti halnya pemakaian LCD PROJECTOR untuk metode penyampaian materi kepada murid dalam proses mengajar.
       
2.     Saat seorang guru menyampaikan pengumuman materi yang harus dipelajari kepada murid dengan menggunakan teknologi microphone atau pengeras suara  speaker, agar pengumuman materi yang disampaikan oleh seorang guru menjadi lebih terdengar dengan jelas.


3.     Peran teknologi terhadap siswa lainya sebagai media untuk mendapatkan pengumuman dari seorang guru atau ketua kelas jika ada PR ataupun pengumuman untuk libur memalui smartphone via sms ataupun online messenger atau whatsap.

4.     Sebagai media belajar kelompok , Karena teknologi smartphone yang dilengkapi aplikasi messenger seperti whatsap dapat membuat grub antar siswa agar lebih mudah dalam melakukan diskusi berkelompok tanpa harus berkumpul.

5.     Dengan adanya teknologi untuk metode belajar siswa akan memiliki pengetahuan yang lebih luas sebagai contoh mesin penulusur google yang memiliki banyak sekali artikel dan ilmu didalamnya yang dapat kita akses secara gratis.

c.      Bidang komunikasi
Ø Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui  internet.

Ø Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.

Ø Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.

d.     Bidang kesenian dan kebudayaan
·        Kebudayaan
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Peran IPTEK dalam budaya juga berpengaruh cukup besar dalam hal ini tetapi terkadang seseorang menyalah gunakan IPTEK dalam bidang budaya menjadi tidak baik. Berikut ini adalah dampak perkembangan IPTEK dalam Bidang Budaya :
1.     Kita dapat mengetahui budaya – budaya yang ada di Negara – Negara lain
2.     Teknologi yang ada dapat dikolaborasikan dengan budaya – budaya yang ada
3.     Dapat menshare budaya yang ada di Negara masing – masing
4.     Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
·        Kesenian
Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:
A.    Seni Film.                           
B.     Seni Fotografi.
C.     Seni Musik
D.    Seni Multimedia yang terdiri dari gambar, animasi, video dan lain-lain.

                              1.1       FILM (VIDEO)
Dengan adanya komputer saat ini dalam proses pembuatan video atau film sudah semakin canggih serta tidak kaku seperti dahulu, karena dengan adanya teknologi komputer dalam pembuatan video dapat ditambah atau edit dengan plugin-plugin yang ad untuk  menghasilkan efek atau pencitraan yang lebih maksimal.
                              1.2       PHOTOGRAFI
     Dengan menggunakan software komputer kita dapat mengedit foto dengan efek yang kita mau, menghilangkan gambar atau menambahkan gambar baru ke dalam sebuah gambar. Hal ini dapat membuat hasil foto dari kamera dapat menjadi lebih hidup dan indah. Dengan software editing kita bias merubah pencahayaan, sudut dating cahaya atau bahkan warna.
                              1.3        MUSIK
            Dahulu untuk memainkan music atau merekam music harus menggunakan alat dengan pita sebagai media pemutaran dan perekaman, dalam proses pembutannya sangatlah boros dan menghasilkan suara yg live,dan tidak adanya noise reduction untuk menghilangkan suara bising. Saat ini dengan adanya kemajuan komputer kita dapat memutar lagu atau music dengan mudah dan kualitas suara yang bagus berkat adanya proses rekaman dengan menggunakan system computer atau seni.
      1.4    MULTIMEDIA
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Multimedia dimanfaatkan  juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara individual. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profile perusahaan, profile produk, bahkan sebagai media  informasi dan pelatihan dalam system e-learning.


Sumber :


Komentar

Postingan Populer