Contoh Perkembangan IPTEK yang Telah Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari (Ilmu Alamiah Dasar)
Assalamualaikum wr,wb.
Kali ini saya akan membahas contoh
perkembangan IPTEK yang telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dari
beberapa bidang.
a.
Bidang transportasi
Sebagai contoh, di Amerika terdapat bus yang berbahan bakar hidrogen.
Tentunya ini sangat ramah lingkungan. Bus ini sendiri nantinya dapat mengangkut
67 penumpang dan menghasilkan suara mesin yang jauh lebih halus dibandingkan
Metromini. Bus ini dapat berjalan sejauh 250 mil (402 km) pada satu kali isi
ulang (recharged) atau bila dihitung biaya “BBM” yang dikeluarkan, bus ini
lebih hemat 2 kali lipat dibandingkan dengan mesin bus diesel. Sebagai tenaga
cadangan, bus ini juga bisa diisi ulang melalui sumber listrik langsung yang
hanya butuh waktu 6 menit saja.Dengan diterapkan ilmu pengetahuan alam dan
teknologi modern, orang dapat membuat sarana transportasi, misalnya sepeda
motor, mobil, bus, kereta api, kapal laut, pesawat terbang. Sarana transportasi
tersebut sangat efektif dan efisien daripada memakai alat transportasi pada
zaman dahulu, misalnya kuda, kereta kuda atau kapal layar. Namun, dampak
negatif yang timbul dari kemajuan transportasi, antara lain: timbulnya
pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara. Berkurangnya lahan
pertanian yang produktif karena dipakai lahan jasa transportasi.
b.
Bidang pendidikan
1.
Adanya penerapan metode penyampaian materi dengan menggunakan
teknologi seperti halnya pemakaian LCD PROJECTOR
untuk metode penyampaian materi kepada murid dalam proses mengajar.
2.
Saat seorang guru menyampaikan pengumuman materi yang harus
dipelajari kepada murid dengan menggunakan teknologi microphone atau pengeras
suara speaker, agar pengumuman materi yang disampaikan oleh seorang guru
menjadi lebih terdengar dengan jelas.
3.
Peran teknologi terhadap siswa lainya sebagai media untuk
mendapatkan pengumuman dari seorang guru atau ketua kelas jika ada PR ataupun
pengumuman untuk libur memalui smartphone via sms ataupun online messenger atau
whatsap.
4.
Sebagai media belajar kelompok , Karena teknologi smartphone yang
dilengkapi aplikasi messenger seperti whatsap dapat membuat grub antar siswa
agar lebih mudah dalam melakukan diskusi berkelompok tanpa harus berkumpul.
5.
Dengan adanya teknologi untuk metode belajar siswa akan memiliki
pengetahuan yang lebih luas sebagai contoh mesin penulusur google yang memiliki
banyak sekali artikel dan ilmu didalamnya yang dapat kita akses secara gratis.
c. Bidang komunikasi
Ø Kita akan lebih cepat mendapatkan
informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun
melalui internet.
Ø Kita dapat berkomunikasi dengan teman,
maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
Ø Kita
mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.
d. Bidang kesenian dan kebudayaan
·
Kebudayaan
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang
dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke
generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama
dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya
seni. Peran IPTEK dalam budaya juga berpengaruh cukup besar dalam hal ini
tetapi terkadang seseorang menyalah gunakan IPTEK dalam bidang budaya menjadi
tidak baik. Berikut ini adalah dampak perkembangan IPTEK dalam Bidang Budaya :
1.
Kita
dapat mengetahui budaya – budaya yang ada di Negara – Negara lain
2.
Teknologi
yang ada dapat dikolaborasikan dengan budaya – budaya yang ada
3.
Dapat
menshare budaya yang ada di Negara masing – masing
4.
Tekanan,
kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi
globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
·
Kesenian
Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara
lain:
A. Seni Film.
B. Seni Fotografi.
C. Seni Musik
D. Seni Multimedia yang
terdiri dari gambar, animasi, video dan
lain-lain.
1.1
FILM (VIDEO)
Dengan adanya komputer
saat ini dalam proses pembuatan video atau film sudah semakin canggih serta
tidak kaku seperti dahulu, karena dengan adanya teknologi komputer dalam
pembuatan video dapat ditambah atau edit dengan plugin-plugin yang ada untuk menghasilkan
efek atau pencitraan yang lebih maksimal.
1.2
PHOTOGRAFI
Dengan menggunakan software komputer kita dapat mengedit foto dengan efek yang kita mau, menghilangkan gambar atau menambahkan gambar baru ke dalam sebuah gambar. Hal ini dapat membuat hasil foto dari kamera dapat menjadi lebih hidup dan indah. Dengan software editing kita bias merubah pencahayaan, sudut dating cahaya atau bahkan warna.
Dengan menggunakan software komputer kita dapat mengedit foto dengan efek yang kita mau, menghilangkan gambar atau menambahkan gambar baru ke dalam sebuah gambar. Hal ini dapat membuat hasil foto dari kamera dapat menjadi lebih hidup dan indah. Dengan software editing kita bias merubah pencahayaan, sudut dating cahaya atau bahkan warna.
1.3
MUSIK
Dahulu untuk memainkan music atau merekam music harus
menggunakan alat dengan pita sebagai media pemutaran dan perekaman, dalam
proses pembutannya sangatlah boros dan menghasilkan suara yg live,dan tidak
adanya noise reduction untuk menghilangkan suara bising. Saat ini dengan adanya
kemajuan komputer kita dapat memutar lagu atau music dengan mudah dan kualitas
suara yang bagus berkat adanya proses rekaman dengan menggunakan system computer atau seni.
1.4 MULTIMEDIA
Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi dan video dengan
alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat
melakukan navigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi
oleh dunia game.
Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia
pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas
maupun secara individual. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media
profile perusahaan, profile produk, bahkan sebagai media informasi
dan pelatihan dalam system e-learning.
Sumber :
3.
http://guraru.org/guru-berbagi/peranan-penting-teknologi-dalam-proses-belajar-mengajar-di-masa-kini/
Komentar
Posting Komentar