3 contoh implementasi karakteristik sistem

 

Implementasi Karateristik Sistem

 

1.

Contoh Aplikasinya

:

Sistem Aplikasi Kendaraan Ojek Online

 

Tujuan

:

Membantu pengguna aplikasi (penumpang) untuk melakukan antar jemput ke tujuan yang udah ditentukan oleh pengguna.

 

Batasan

:

Motor atau mobil yang digunakan untuk antar jemput, helm, masker.

 

Kontrol

:

Pengemudi Ojek Online, Handphone untuk pencarian titik antar penumpang dan juga untuk mengetahui arah jalan ke tujuan yang sudah ditentukan.

 

Input

:

Pengguna aplikasi harap memasukan alamat pengguna dan alamat tujuan yang ingin di tuju serta memilih metode pembayaran secara elektronik atau cash.

 

Proses

:

Pengguna membuka aplikasi ojek online lalu pengguna mengaktifkan location pada handphone, klik gambar motor atau mobil kemudian pengguna menulis alamat yang dituju, lalu ada konfirmasi penjemputan pengguna bisa di alamat rumah pengguna atau lokasi dimana pengguna sedang berada. Jika lokasi tidak tepat maka pengguna bisa mengganti lokasi tersebut. Kemudian pengguna pilih metode pembayaran secara online atau cash lalu klik “pesan”. Kemudian akan muncul nama pengemudi, plat motor atau mobil pengemudi dan juga disediakan chat untuk melakukan komunikasi secara online antara pengguna (penumpang) dengan pengemudi. Setelah beberapa menit kemudian, pengemudi datang siap untuk mengantar ke tujuan penumpang.

 

Output

:

Biaya, Rating dari pengguna (penumpang)  dan saran dari pengguna (penumpang)

 

Umpan Balik

:

Pengguna (penumpang) dapat sampai ke lokasi tujuan dengan tepat dengan aman dan pengemudi yang mengantar mendapatkan biaya dan rating dan juga bisa mendapatkan tip dari pengguna (penumpang).

 

2.

Contoh Apikasi

:

Sistem Self Ticketing bioskop

 

Tujuan

:

Memudahkan pengunjung bioskop saat memesan tiket dan membeli cemilan yang ada dibioskop tanpa mengantri lama.

 

Batasan

:

Aplikasi pada mesin self ticketing dan handphone

 

Kontrol

:

Pada website dan aplikasi mobile apps pada iOS dan android

 

Input

:

Pengguna membuat akun dan mengisi data diri untuk menjadi member sebelum membeli tiket bioskop.

 

Proses

:

Pengguna self ticketing membuka aplikasi di handphone, kemudian memilih film yang akan ditonton dan pilih “buy ticket” untuk memilih lokasi cinema, jenis studio jadwal tayang dan tempat duduk lalu akan ada tampilan pilihan yang pengguna pilih sebelumnya.  Selanjutnya akan ditampilkan halaman verifikasi mengenai lokasi cinema, jenis studio dan jadwal yang sudah dipilih. Setelah pilih tempat duduk dan pilih tombol “pick your seat” kemudian akan ditampilkan harga yang harus dibayar dan pilih “buy ticket” untuk melakukan transaksi pembayaran. Untuk transaksi pembayaran tiket, pengguna melakukan transaksi pembayaran melalui member card. Kartu ini dapat digunakan sebagai alat pembayarana tunai, kartu debit atau kredit, serta sebagai alat pembayaran menggunakan saldo dan poin. Setelah pembayaran berhasil, tata cara pengambilan tiket akan dikirimkan melalui email oleh pihak bioskop. Setelah mengunjungi self ticketing machine bioskop, pilih menu “collect ticket” di dalam self ticketing machine, masukan kode booking dan pass key dilayar lalu klik collect. Tiket akan tercetak secara otomatis atau pindai barcode alat pemindai yang tersedia

 

Output

:

Printer dan monitor

 

Umpan Balik

:

Pengguna (pengunjung bioskop) dapat menghemat waktu saat pembelian tiket tanpa harus mengantri dan bisa menonton film yang diinginkan sesuai dengan jadwal, lokasi cinema dan tempat duduk yang sudah di booking sebelumnya

 

3.

Contoh Aplikasi

:

Sistem keuangan pada perusahaan

 

Tujuan

:

Mengorganisir pengeluaran dan pemasukan di dalam sebuah perusahaan agar tertata rapi dan teratur, serta meminimalisir risiko kerugian akibat dana yang hilang atau penggunaan tanpa tujuan yang jelas.

 

Batasan

:

Kalkulator, buku perbendaharaan, komputer, dan software excel.

 

Kontrol

:

Bendahara dan Akuntan mengatur cash flow anggaran pengeluaran-pemasukan beserta dengan pembukuan keuangan

 

Input

:

Data Penerimaan (Debet), Data Pengeluaran (Kredit), Keterangan Anggaran, Tanggal Anggaran, dan Saldo

 

Proses

:

Memproses semua data untuk menghitung biaya pengeluaran dan pemasukan serta sisa anggaran untuk dihitung dalam program komputer dalam memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh seorang bendahara dan akuntan

 

Output

:

File (Hardcopy, Softcopy)

 

Umpan Balik

:

Evaluasi Keuangan, Perbaikan Cash Flow

 

Komentar

Postingan Populer